widgets

Minggu, 17 November 2013

Perangkat keras jaringan LAN (TIK)



Perangkat keras jaringan LAN
  Dalam jaringan lokal , perangkat keras yang dibutuhkan adalah sebagai berikut .
1.  Network Interface Card (NIC)
NIC, disebut juga kartu antarmuka jaringan , merupakan perangkat penghubung yang dipasang pada setiap komputer . pada umumnya, PC dekstop sekarang ini telah telah memiliki NIC yang disebut onboard card LAN . PC yang belum memiliki NIC , dapat dipasangkan pada slot ekspansi di dalam komputer . Komputer jenis notebook memiliki slot untuk kartu jaringan yang disebut slot PCMCIA  dan slot ekspress . Pada komputer Macintosh pemasangan NIC menggunakan kotak khusus yang ditancapkan ke serial port atau SCSI port . Kartu jaringan yang banyak di gunakan adalah kartu ethernet , konektor localtalk , kartu jaroingan token ring . Pada umumnya , PC menggunakan kartu ethernet .

a.    Kartu ethernet
Komputer yang belum memilki port untuk LAN dapat menggunakan kartu ethernet yang dipasang pada slot ekspansi . Konektor yang digunakn adalah BNC untuk kabel koaksial dan RJ-45 untuk kabel twisted pair . Ada juga konektor AUI yang dapat di koneksikan dengan kabel koaksial , twisted pair, atau serat optik.

 

b.    Konektor localtalk.
kartu jaringan ini digunakan untuk komputer macintosh . kartu ini menggunakan sebuah kotak adapter khusus dan kabel yang terpasang ke port sebuah priter . lokaltalk hanya dapat beroperasi pada kecepatan 0,23Mbps


 


c.    Kartu token ring.
Kartu token ring menggunakan port dengan tipe konektor 9 pin . kartu ini hampir sama dengan kartu  ethernet .

 

Terdapat beberapa tipe kartu ethernet, antara lain :
- 10Base5, tipe kartu ethernet yang menggunakan kabel koaksial dengan diameter 0,5 inci, berwarna kuning, menggunakan topologi berbentuk bus, jangkauan jarak maksimum 500 meter, dan kecepatan transmisi data 10 Mbps.
- 10Base2, tipe kartu ethernet yang menggunakan kabel koaksial dengan diameter 5 mm, topologi berbentuk bus, jangkauan jarak maksimum 185 m, dan kecepatan transmisi dara 10 Mbps.
- 10BaseT, tipe kartu ethernet menggunakan kabel twisted pair, topologi star, jangkauan jarak maksimum 100 m, dan kecepatan transmisi data 100 Mbps.
- 10BaseF, tipe kartu ethernet menggunakan kabel serat optik, topologi star, jangkauan jarak maksimum 2000 m, dan kecepatan transmisi data 100 Mbps.
- 10BaseT series, tipe kartu ethernet menggunakan kabel twisted pair dan kecepatan transmisi data 20 - 200 Mbps.

2. Hub/Konsentrator


Hub terdiri dari beberapa port atau slot konektor yang telah mempunyai nomor urut yang berfungsi untuk menyatukan kabel-kabel network dari setiap komputer workstation atau client, server, dan perangkat lainnya.
Terbagi menjadi dua jenis yaitu, hub pasif dan hub aktif (switch hub). Hub yang ada yaitu hub port 8, 12, 24, dan 32 dengan konektor RJ-45. Hub menggunakan topologi star.





3. Kabel
Kabel berfungsi untuk meghubungkan satu komputer dengan komputer lainnya. Ada dua jenis kabel untuk jaringan, yaitu twisted pair yang terdiri dari UTP (Unshielded Twisted Pair) dan STP (Shielded Twisted Pair) serta kabel koaksial yang terdiri dari thick coaxial dan thin coaxial.








4. Konektor
Konektor yang digunakan yaitu RJ-45 (8 pin) dengan kabel twisted pair dan BNC dengan kabel koaksial.





5. Router
Router berfungsi untuk menghubungkan jaringan LAN dengan Internet dalam merutekan transmisi antara keduanya. Kelebihannya yaitu kemampuan mencari jalur yang terbaik dalam mentransmisikan pesan atau data dari alamat asal ke alamat tujuan. Router dapat mengatur sinyal secara efisien, mengatur pesan di antara dua protokol, serta mengatur pesan yang melewati kabel serat optik, kabel koaksial, dan kabel twisted pair.


























Tidak ada komentar:

Posting Komentar